Jumat, 22 Juni 2012

GAMES OUTBOUND, PESAN BERANTAI

    Garis besar

Latihan ini dirancang outbound di Malang untuk menunjukkan bagaimana pesan dapat mengalami distorsi.

    Tujuan

    menyadarkan peserta outbound bahwa pesan yang disampaikan bisa benar-benar menyimpang dari pesan yang sebenarnya.
    Menunjukkan kepada peserta outbound  bahwa mereka perlu memperbaiki ketrampilan berkomunikasi dan mendengar.

    Waktu yang dibutuhkan

5-10 menit.

    Jumlah peserta

Tidak dibatasi, tapi perlu dipecah menjadi subkelompok yang terdiri dari 8-10 peserta.

    Materi yang dibutuhkan

Fotocopy ‘Cerita’ untuk masing-masing kelompok.

    Prosedur

    Katakan kepada peserta outbound bahwa cerita bisa bercampur aduk apabila ketrampilan berkomunikasi dan mendengar tidak dipakai.
    Bagi peserta outbound menjadi subkelompok yang terdiri dari 8-10 peserta. Para peserta dalam subkelompok ini duduk bersebelahan tapi terpisah sejauh satu meter.
    Orang pada baris terdepan diberikan fotocopy ‘Cerita’ untuk dibaca dalam hati.
    Setelah beberapa menit, mereka diminta untuk menyampaikan cerita itu (secara lisan, tapi berbisik agar peserta yang lain tidak dapat mendengarnya) kepada anggota subkelompok di sebelahnya.
    Hal ini diulang oleh seluruh anggota, secara bergantian mereka menyampaikan cerita yang baru saja didengar kepada anggota subkelompok berikutnya.
    Setelah pesan sampai ke anggota subkelompok terakhir, mereka harus memberitahukan seluruh peserta outbound versi akhir dari apa yang telah dikatakan kepadanya.

    Poin diskusi

    Seberapa mirip versi akhir dengan cerita sebenarnya?
    Apakah hal seperti ini terjadi di tempat kerja?

    Variasi

    Anda dapat memberikan cerita yang berlainan kepada masing-masing subkelompok. Setelah masing-masing anggota subkelompok yang terakhir memberitahukan apa yang mereka dengar dari anggota kelompoknya, maka anggota pertama segera membacakan versi aslinya.
    ‘Cerita’ yang sama dapat dipakai untuk seluruh peserta dalam membentuk rantai komunikasi.
    Ajak seorang peserta dari masing-masing subkelompok keluar ruang pelatihan dan bacakan ‘cerita’ kepada mereka untuk disampaikan kepada anggota lainnya.
    Tulislah cerita yang berbeda dan lebih relevan untuk masing-masing peserta pelatihan.

Anda dapat memberikan tingkatan organisasi yang berbeda kepada para peserta untuk merepresentasikan pesan (misalnya General Manager hingga Floor Staff). Jika hal ini telah dilakukan, masing-masing peserta dapat memberitahukan kepada peserta pesan yang telah diterimanya dari orang terakhir kembali ke orang pertama.

Untuk pemesanan rafting di Songa Rafting Probolinggo, Rafting Kasembon Malang, Rafting Kaliwatu Batu, Batu Alam Rafting, Pacet Rafting, Kediri Rafting dan rafting di daerah yang lain.

Untuk konsultasi Training Motivasi Malang, Outbound Malang, Wisata Malang, Travel di Malang, Kumpulan Games dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim Anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut:

1. Jl. Raya Pluit Utara 2B-Muara Karang, Jakarta Utara
Mobile: 081 334 664 876

2. Sidotopo Wetan Baru 49 Surabaya
Mobile: 0878 599 338 62

3. Jl.Bhima Sakti 16 Malang
No. Telp.  : (0341) 582 032 / (0341) 5425754
Mobile: 0858 5549 4440
Pin BB: 22D90C87
Email dan YM:  tips_indonesia2020@yahoo.co.id

Label: , , , ,

0 Komentar:

Poskan Komentar

Berlangganan Poskan Komentar [Atom]

<< Beranda